Pengertian Sejarah dan Penemu Tenis Lapangan

Pengertian Tenis Lapangan

Permainan bola tenis lapangan bagi masyarakat kita mungkin tidak terlalu populer dibandingkan tenis meja, walaupun faktanya tenis lapangan adalah salah satu cabang olahraga yang sudah lama ada dan banyak dikompetisikan. Nah, terkait dengan permainan tenis lapangan, berikut ini telah kami rangkum berbagai informasi seputar olahraga tersebut, lebih tepatnya tentang pengertian tenis lapangan, sejarah tenis lapangan sekaligus penemu tenis lapangan.


Pengertian tenis lapangan adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasang yang berlawanan. Permainan ini menggunakan raket atau bet untuk memukul bola karet berwarna hijau. Permainan ini bertujuan memainkan bola karet sedemikian rupa agar pemain lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut. 

Saat ini tenis lapangan termasuk cabang olahraga yang dimainkan di olimpiade. Banyak orang dari segala usia memainkan olahraga yang satu ini. Olahraga ini digemari karena dapat dimainkan oleh siapa saja, bahkan pemain dengan kursi roda juga dapat memainkannya. 

Sejarah Tenis Lapangan

Sejarah tenis lapangan masih menjadi perdebatan. Beberapa pendapat meyakini cikal bakal tenis adalah permainan yang dimainkan di Mesir, Romawi Kuno dan Yunani. Belum pernah ditemukan memang bukti kuat berupa gambar ataupun pernyataan yang berkaitan dengan permainan cikal bakal tenis tersebut, akan tetapi dalam beberapa kata dalam Bahasa Arab yang asalnya dari Mesir kuno dianggapnya sebagai bukti. 

Teori ini mengatakan kata tenis berasal dari kata Tinnis, suatu kota pada masa Mesir kuno yang berlokasi di tepi sungai nil. Sedangkan kata “raket” dianggap berasal dari kata bahasa Arab “Rahat” yang berarti tangan. 

Sementara itu teori lain meyakini bahwa sejarah tenis lapangan berasal dari permainan kuno di Perancis pada abad ke 12. Saat itu permainan tenis dimainkan dengan telapak tangan untuk memukul bola. Dikatakan Raja Louis X dari Perancis menyukai permainan yang menjadi cikal bakal tenis lapangan ini. Raja Louis X tercatat menjadi orang pertama yang membangun lapangan tenis di dalam ruangan. 

Kematian Raja Louis X pun berhubungan dengan tenis. Disebutkan bahwa setelah Raja Louis X bermain tenis, ia beristirahat sambil minum anggur dingin dalam jumlah besar. Hal itu menyebabkan ia menderita radang paru-paru dan tak lama kemudian meninggal dunia. Meskipun begitu ada orang yang beranggapan bahwa ia diracun. 

Kematian Raja Louis setelah bermain tenis menjadikan ia dikenal sebagai pemain tenis yang pertama. Begitulah sejarah tenis lapangan menurut beberapa teori. 

Penemu Tenis Lapangan

Penemu tenis lapangan pada zaman kuno belum ada penjelasan yang spesifik. Tetapi penemu tenis lapangan dapat ditelusuri dari sejarah tenis lapangan modern. Adalah Arthur Balfour seorang bangsawan Inggris penemu tenis lapangan yang mengemukakan istilah Lawn Tennis atau tenis lapangan rumput. Istilah ini mulai muncul pada abad ke 19. Pada masa ini juga mulai dikenal bola yang terbuat dari karet Vulkanisir yang dianggap dapat mengurangi kerusakan pada lapangan tenis dari rumput. 

Sejak ditemukan Lawn Tennis , banyak eksperimen pada bahan lapangan tenis. Orang mulai menggunakan lapangan dari clay court atau tanah liat dan juga hard court yang terbuat dari semen. Klub tenis lapangan pertama didirikan oleh J.B Perera, Harry Gem dan kawan-kawan di Perancis pada tahun 1872. Klub tenis lapangan ini dinamai Leamington. Kemudian pada tahun 1874 tenis lapangan mulai dimainkan di Amerika Serikat. 

Demikian ulasan tentang pengertian penemu dan sejarah permainan tenis lapangan yang bisa dibagikan kesempatan ini, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)