Teknik Dasar Pukulan Overhead Lob Bulutangkis


Jenis Pukulan Lob 

Pukulan lob adalah sebuah teknik memukul yang ada dalam permainan badminton/ bulutangkis dimana posisi shuttlecock berada di atas kepala sang pemain. Cara melakukan pukulan lob dilakukan dari belakang lapangan dan dipukul tinggi ke daerah pemain lawan. Terdapat dua jenis teknik pukulan lob dalam badminton yaitu overhead lob dan underhand lob.

cara melakukan pukulan lob bulutangkis

Pukulan Overhead Lob

Teknik pukulan lob ini memiliki banyak persamaan dengan teknik smes dan dropshort, oleh karena itu pusatkan perhatian untuk menguasai pukulan overhead lob ini. Pukulan overhead lob dilakukan dengan cara memukul shuttlecock dari atas kepala, posisinya dari belakang diarahkan keatas menuju bagian belakang lapangan lawannya.

Ada dua jenis pukulan overhead lob yang mungkin sudah pernah didengar. Deep Lob/ Clear adalah pukulan bola kok yang dilakukan dengan tinggi ke area belakang lapangan lawan, sedangkan Attacking lob/Clear adalah sebuah pukulan bola kok ke daerah lawan yang dipukul tidak terlalu tinggi.

Tips Cara Melakukan Teknik Pukulan Overhead Clear/ Lob

  • Peganglah raket dengan menggunakan pegangan forehand dan posisinya di samping bahu.
  • Posisi badan menyamping/ vertikal dengan arah net dan posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri
  • Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus diupayakan selalu berada di belakang bola.
  • Bola dipukul seperti gerakan melempar.
  • Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus dan posisi akhir raket mengikuti arah bola, Ialu dilepas, sedang raket jatuh di depan badan.
  • Lecutkan pergelangan (raket) saat bola mengenai raket.
Beberapa macam pukulan lain yang dilakukan dari atas kepala dalam permainan bulutangkis antara lain:

Backhand Overhead

Teknik pukulan backhand overhead ini bisa dikatakan paling sulit, terutama bagi pemula yang baru belajar. Teknik pukulan ini selain menuntut koordinasi anggota badan yang sempurna, penguasaan grip dan timing yang tepat. Tanpa adanya penguasaan yang baik dari ketiga hal tersebut maka walaupun tenaga besar sekalipun tidak akan bisa menghasilkan kualitas pukulan yang maksimal.

Tips Melakukan Teknik Pukulan Backhand Overhead

  • Lakukan posisi slap dengan posisi raket di tangan.
  • Putar badan dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang kiri. Lutut dan siku kanan agak bengkok.
  • Rangkaian memukul mulai dari mengayunkan raket (siku ke dekat ketiak) dorong dengan pinggang dan siku menjadi lurus. Gerakan diakhiri dengan lecutan pergelangan tangan.
Cara melatih teknik ini adalah dengan menggerakkan dahulu tanpa menggunakan shuttlecock. Bisa juga menggunakan alat bantu seperti gantungan kok setinggi timing seorang atlet untuk memudahkan pemain dalam berlatih.

Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash

Teknik pukulan ini merupakan bola overhead yang dipukul di bagian belakang kepala (Samping telinga sebelah kih). Teknik pukulan ini relative lebih sulit untuk dilakukan dibanding dengan overhead biasa karena untuk bisa melakukan pukulan ini diperlukan ekstra kekuatan kaki, kelenturan, footwork yang balk, dan koordinasi. Biasanya seorang pemain terpaksa harus melakukan teknik ini dengan pukulan backhand karena dilakukan di saat kondisi sedang terdesak.

Pukulan Underhand Lob


    Dalam bulutangkis teknik underhand lob adalah pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan memukul bola kok yang berada di bawah badan. Ketika situasi permainan dalam kondisi tertekan, bisa melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat shuttlecock tinggi menuju area belakang lapangan lawan.

    Silahkan baca juga : Teknik Pukulan dalam Bulutangkis

    Ok mungkin itu penjelasan tentang pukulan overhead lob dalam bulutangkis yang bisa dibagikan pada kesempatan ini. Selengkapnya bisa dibaca tips belajar teknik dasar dan cara bermain bulutangkis/ badminton yang baik dan benar, semoga bermanfaat.

    Silahkan Share

    Artikel Terkait

    Previous
    Next Post »

    Silahkan berkomentar dengan bijak :)