Teknik Pukulan dalam Bulutangkis

Teknik Dasar Cara Memukul Shuttlecock Badminton

Melakukan sebuah teknik pukulan yang benar di dalam bermain bulutangkis saat perkenaan kok dan raket mutlak dibutuhkan oleh setiap pemain. Mereka dituntut untuk bisa menguasai teknik bagaimana cara memukul shuttlecock dengan baik dan benar dalam permainan badminton/ bulutangkis. Hal ini sangat penting dikarenakan permainan badminton/ bulutangkis sangat mengandalkan kualitas dari pukulan tangan kita. Jika kita tidak memiliki teknik pukulan yang baik atau terbiasa dengan teknik pukulan yang salah maka akan sulit bagi seorang pemain untuk menerapkan strategi-strategi untuk menyerang lawan. 

teknik dasar pukulan dalam bulutangkis badminton

Dengan tidak memeliki pukulan yang berkualitas maka mudah bagi lawan dalam mengobrak-abrik permainan kita. Sikap dan teknik memukul yang benar akan membuat seorang pemain mampu mengembalikan setiap shuttlecock dari lawan dengan baik meskipun dalam posisi yang sempit sekalipun. Oleh karena itu perlu adanya pengetahuan untuk memahaminya dan tentu saja praktek dan latihan untuk bisa menguasainya.  

Jenis Pukulan Shuttlecock dalam Bulutangkis

Ada beberapa jenis pukulan dalam permainan bulutangkis / badminton yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah : 

Teknik Pukulan Servis (Service)

Teknik dasar pukulan service dalam permainan bulutangkis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Seorang pemain yang bisa melakukan teknik pukulan servis ini dengan baik maka akan bisa mendatangkan poin dan begitu juga sebaliknya seorang pemain yang gagal melakukan servis, maka secara otomatis tim lawan akan mendapatkan poin cuma-cuma. Servis dibedakan menjadi servis forehand dan servis backhand, meskipun sebenarnya ada juga jenis servis yang lainnya seperti servis pendek, servis tinggi dan flick/ servis setengah tinggi. Untuk melakukannya dengan baik, selengkapnya bisa dilihat di Cara melakukan servis yang baik dan benar.

Teknik Netting

Teknik pukulan netting dalam permainan bulutangkis adalah sebuah pukulan yang dilakukan seorang pemain dengan diarahkan sedekat mungkin ke daerah net lawan dan dipukul dengan sentuhan tenaga yang sangat halus dan berhati-hati. Pukulan netting yang baik yaitu apabila bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net. Semakin baik teknik netting dilakukan maka semakin sulit lawan dalam mengembalikan shuttlecock kepada kita. Supaya lebih jelas lagi dalam melakukan teknik ini, silahkan dibaca Cara Melakukan Netting Badminton dengan baik.

Teknik Drive

Teknik pukulan drive dalam permainan bulutangkis adalah sebuah pukulan cepat dan mendatar yang banyak digunakan dalam permaianan ganda. Tujuan dari teknik ini adalah untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Pukulan ini menuntut ketrampilan grip, reflek yang sepat dan kekuatan pergelangan tangan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam teknik ini yaitu pegangan raket dengan satu grip/cepat berpindah dan selain kekuatan bahu gunakanlah lecutan pergelangan pada saat shuttlecock dipukul. Cara melatihnya yaitu dengan menggunakan raket yang lebih berat atau botol berisi pasir untuk melatih kekuatan pergelangan tangan serta latihlah reflek pukulan drive kiri atau kanan ke tembok.


Teknik Underhand (Pukulan dari Bawah) 

Untuk melakukan teknik pukulan underhand ini dengan baik pertama-tama, harus trampil berlari sambil melakukan langkah lebar, dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri untuk menjangkau jatuhnya kok. Sikap menjangkau ini, hendaknya siku dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak, sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk.

Pada saat memukul kok, gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan, hingga gerakan lanjut dari pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. Perhatikan, agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau kok. Jangan sampai gerak langkah terhambat karena kaki kiri tertahan gerakannya.

Fungsi pukulan dasar ini antara lain untuk mengembalikan pukulan pendek atau permainan net lawan, dan juga sebagai cara bertahan akibat pukulan serang lawan. Dalam situasi tertekan dalam permainan, harus melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat kok tinggi ke daerah belakang lapangan lawan. Pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan teknik pukulan forehand dan backhand.

Teknik Overhead (Pukulan diatas kepala)

Teknik dasar pukulan everhead dalam permainan bulutangkis dilakukan dengan memukul shuttlecock saat posisinya berada di atas kepala sang pemain. Jenis pukulan ini teramat penting harus dikuasai sebagai senjata untuk mematikan lawan kita.  Ada beberapa jenis pukulan overhead dalam permainan bulutangkis diantaranya adalah pukulan smash, clear/lob, dropshot, backhand overhead, round the head. Untuk melakukan teknik ini dengan baik, selengkapnya bisa dibaca di Teknik Dasar Melakukan Pukulan Overhead dengan baik, semoga bermanfaat.  

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)