Ukuran Lapangan Sepakbola Standar Internasional FIFA Beserta Gambar dan Keterangannya

Ukuran Lapangan Sepak Bola Standar Internasional

Lapangan sepakbola adalah salah satu aspek penting dalam sebuah pertandingan yang mana panjang dan lebar lapangan telah ditentukan dalam peraturan sepak bola menurut induk organisasi FIFA maupun PSSI. Ukuran standar lapangan stadion yang digunakan untuk suatu turnamen atau pertandingan resmi di tingkat nasional maupun internasional wajib terpenuhi demi terciptanya suatu permainan yang berkualitas.

Sebagai pecinta dan penggilan bola tentunya harus tahu dong berapa luas lapangan sepakbola yang benar meliputi ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bola serta apa saja kegunaan dan fungsi dari garis-garis batas atau tanda yang ada di dalam maupun di samping lapangan. Serta yang tak kalah pentingnya tentang berapa ukuran gawang sepak bola juga perlu diketahui. Dan berikut ini adalah beberapa ulasan materi tentang peraturan lapangan sepak bola di Indonesia ataupun di dunia yang patut untuk kita ketahui bersama.

Panjang Lapangan

Untuk pertandingan resmi nasional dan internasional ukuran panjang lapangan sepak bola yaitu 100 meter dan panjang maksimalnya adalah 110 meter. Beberapa pertandingan sepak bola pada umumnya, panjang lapangan yang digunakan yaitu bisa berkisar antara 90 hingga 120 meter.

Lebar Lapangan 

Menurut aturan resmi yang dikeluarkan FIFA pada pertandingan internasional, lebar lapangan sepak bola adalah 64 meter hingga 75 meter. Dan untuk ukuran yang biasanya sering digunakan yaitu berkisar antara 45 meter sampai 90 meter untuk lebar lapangannya. 

Luas Lapangan 

Dalam peraturan resmi mengenai ukuran yang telah ditentukan, luas lapangan sepak bola yakni berada pada kisaran 4050 meter persegi hingga 10800 meter persegi.  Namun, ukuran luas lapangan sepakbola yang sering digunakan adalah sekitar 7140 meter persegi yaitu 105 meter untuk panjangnya x 68 meter lebarnya. 

Gambar Lapangan Sepakbola dan Ukurannya 

Ukuran sepak bola mini yang biasa dipakai oleh anak-anak untuk sekedar menyalurkan hobi bermainnya atau latihan ringan mungkin sedikit berbeda dengan ukuran yang dipakai oleh kalangan profesional. Peraturan mengenai detail-detail lapangan sepakbola sendiri sudah tertulis lengkap dengan pasal pertama dalam LOTG, the field of play

Permukaan lapangan sepak bola pada umumnya adalah berupa rumput alami yang tumbuh di atas permukaan tanah dan ada juga yang berupa rumput sintesis atau buatan manusia. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai dimensi lapangan, berikut ini adalah gambar lapangan sepak bola beserta ukurannya
Gambar Fungsi Garis Lapangan Sepak Bola dan Ukurannya

Bentuk lapangan sepak bola yaitu berbentuk persegi panjang yang ditandai dengan garis-garis lapangan dan setiap garis batas area memiliki fungsi dan ukuran masing-masing yang telah ditentukan dalam peraturan. 

Fungsi Garis Lapangan Sepakbola

Semua garis batas lapangan harus memiliki ukuran ketebalan garis yang sama yaitu tak lebih dari 5 inchi atau 12 cm. Pada umumnya garis lapangan sepak bola berwarna putih sehingga terlihat dengan jelas. Tentunya dari beberapa garis tanda tersebut mempunyai kegunaan garis lapangan sepakbola tersendiri dimana berfungsi sebagai pembatas untuk menunjukan daerah permainan. 

Beberapa keterangan garis yang ada diantaranya sebagai berikut :

Garis Tengah Lapangan 

Dalam permainan sepak bola berfungsi untuk membagi lapangan menjadi 2 bagian yang memiliki luas sama besar dan menjadi penunjuk batas area permainan sendiri dengan daerah permainan lawan. Terdapat juga garis lingkaran di tengah lapangan yang mempunyai ukuran radius 9,15 meter dari titik tengah. 

Garis lingkaran tengah lapangan berfungsi untuk membatasi pemain lawan ketika terjadi tendangan kick off di awal babak pertandingan. Pemain lawan dilarang memasuki ke dalam area lingkaran tengah saat kick off kecuali pemain yang sedang mengeksekusi tendangan. 

Garis Area Penalti

Di dalam daerah kotak pinalti terdapat sebuah titik putih yang berguna untuk mengeksekusi tendangan penalty yang disebabkan karena terjadinya sebuah pelanggaran di dalam area kotak terlarang tersebut. Jarak titik penalti ke garis gawang yaitu berjarak 11 meter atau 12 yds sehingga muncul istilah tendangan 12 pas yang mungkin sering kita dengar. 

Jika ada pemain bertahan yang melakukan pelanggaran di area terlarang ini maka akan dikenakan hukuman tendangan penalti meskipun ada juga jenis pelanggaran lain yang dihukum dengan tendangan bebas tidak langsung. Fungsi garis dalam area kotak penalty berguna juga sebagai batas bagi seorang penjaga gawang untuk diperbolehkan memegang atau menyentuh bola.

Luas daerah kotak pinalti berbentuk persegi panjang dimana ukuran kotak penalti itu sendiri mempunyai jarak antara garis yang ada di depan dengan garis gawang berjarak 16,5 meter sedangkan untuk garis sisi kanan dan kirinya ditarik dari tiang gawang dengan jarak 16,5 meter ke kiri dan ke kanan hingga membentuk persegi panjang. 

Ukuran Lapangan Sepakbola Beserta Gambar dan Keterangannya

Oleh karena itulah mengapa area penalti sering disebut juga dengan kotak 16 karena lebar jaraknya 16,5 meter. Sedangkan ukuran panjangnya secara keseluruhan yaitu 40,32 meter namun ada juga yang menyebutnya 40 meter.

Di daerah penalty juga terdapat suatu garis lengkungan lingkaran yang memiliki radius 9,15 meter diukur dari titik pinalti. Lingkaran garis melengkung yang ada di area kotak penalty berfungsi untuk memberi batas pemain saat terjadi tendangan penalti. Hanya wasit dan pemain penendang bola yang diperbolehkan berada di dalam daerah kotak pinalti dan lengkungan tersebut.

Mengapa bentuknya melengkung? Karena agar pemain tetap berada pada jarak yang tidak kurang dari 9,15 meter dan tidak terjadi penumpukan pemain di tengah depan titik penalty sehingga memberi keleluasaan bagi pemain eksekutor dalam menendang bola. 

Garis Area Gol 

Daerah ini disebut juga dengan area penjaga gawang karena merupakan daerah istimewa bagi seorang kiper dimana saat perebutan bola dengan lawan ia tak boleh diganggu atau dilanggar. Goal area berbentuk persegi panjang menyerupai kotak penalty namun dengan ukuran luas yang lebih kecil. 

Garis daerah gol memiliki ukuran jarak dari tiang gawang 5,5 meter ke kanan dan ke kiri lalu meluas ke depan dengan jarak sepanjang 5,5 meter. Jadi luas secara keseluruhan dari area penjaga gawang atau daerah gol ini adalah dengan panjang 18,32 meter dan lebarnya 5,5 meter.

Garis Sudut 

Pada setiap pojok lapangan sepak bola harus terdapat bendera dengan tiang yang diletakkan di tiap ujung sisi atau sudutnya. Garis sudut yang berbentuk seperempat lingkaran memiliki jari-jari 1 meter dan berguna pada saat pemain melakukan tendangan sudut (Corner Cick). Sedangkan untuk tinggi tiang bendera penanda korner (Flagpost) di sudut lapangan sepak bola adalah setinggi 1,5 meter. 

Di sebelah sudut lapangan terdapat sebuah tanda garis batas tendangan penjuru yang mungkin jarang orang mengetahuinya. Garis ini berfungsi sebagai batas pemain bertahan supaya tidak mendekat ke bola ketika terjadi sepak pojok atau tendangan penjuru. Jarak antara sudut lapangan dengan garis batas tendangan penjuru adalah 9,15 meter.

Itulah beberapa penjelasan mengenai berapa ukuran lapangan sepak bola standar FIFA yang berlaku pada pertandingan resmi internasional beserta gambarnya dan juga beberapa keterangan fungsi garis-garis lapangan yang ada pada permainan sepak bola.

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)