Peraturan Permainan Futsal Lengkap

Pengertian 

Futsal adalah sebuah bentuk permainan olahraga bola yang cara bermainnya dilakukan oleh 2 regu atau tim, dimana jumlah pemain pada masing-masing tim sebanyak 5 orang termasuk penjaga gawang. Seperti halnya pada permainan sepak bola tujuan dari permainan futsal ialah mencetak gol sebanyak mungkin dengan cara memasukkan bola ke dalam gawang lawan menggunakan kaki atau dengan anggota tubuh yang lainnya kecuali tangan.

peraturan permainan futsal terbaru

Asal usul olahraga futsal memiliki sejarah yang cukup panjang hingga sampai ke Indonesia. Awal mulanya permainan ini dipopulerkan oleh seseorang bernama Juan Carlos Ceriani pada tahun 1930 di Uruguay dan setelah itu berkembang dengan pesat di Brazil tahun 1936 hingga dibuatlah sebuah ketetapan tentang peraturan dalam permainan futsal. Mengenai perkembangan selanjutnya silahkan baca Sejarah Permainan Futsal di dunia dan Indonesia. 

Aturan Permainan

Setiap cabang olahraga apapun pasti memiliki sebuah aturan main dalam pertandingan, termasuk peraturan bermain futsal dibuat adalah dengan tujuan agar setiap pertandingan yang berlangsung pada suatu turnamen atau kompetisi dapat berjalan dengan baik, lancar dan tercipta suasana yang tertib, teratur serta bisa dinikmati oleh setiap orang. Baik untuk pemain itu sendiri, wasit, pelatih, official maupun seluruh penonton yang menyaksikan pertandingan tersebut. 

Peraturan pada permainan futsal kalau kita perhatikan memang memiliki banyak kesamaan dengan peraturan pada sepak bola, akan tetapi sebenarnya masing – masing mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pada permainan lain. Dari sebuah permainan yang sederhana dan tradisional kini futsal menjadi sebuah olahraga modern yang banyak digemari orang di seluruh dunia, sehingga tak terelakkan jika pada peraturan futsal terbaru terjadi beberapa perubahan seiring dengan berkembangnya zaman yang terus berubah. 

Tata Tertib Pertandingan

Ada beberapa tata tertib dalam pertandingan futsal yang penting sekali untuk diketahui oleh setiap pemain, dimana pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan permainan futsal ini dibutuhkan sebagai bekal dalam menghadapi turnamen yang akan dijalaninya. Hal ini mutlak diperlukan oleh para pemain mengingat pada ajang kompetisi atau turnamen tersebut berlaku dan diterapkannya sebuah peratuan kompetisi futsal resmi sesuai dengan ketetapan dari PSSI maupun peraturan oleh FIFA. 

Sebagaimana yang kita tahu bahwa olahraga futsal saat ini sudah sangat popular di tengah masyarakat kita, tetapi mungkin sebagian orang belum begitu mengerti tentang panduan dan peraturan cara bermain futsal yang benar. Sehingga sering terlihat para pemain amatir atau pemula melakukan banyak kesalahan dalam permainan futsal, selain itu untuk syarat bermain juga tidak terpenuhi dengan baik. Tak hanya untuk pemain saja, seorang wasit jauh lebih dituntut untuk memahami berbagai aturan pertandingan futsal karena memiliki peran yang sangat penting di dalam memimin jalannya permainan. 

Peraturan Resmi FIFA

Pertandingan futsal pada sebuah turnamen memiliki beberapa level yang terbagi dari kelas atas hingga bawah, tentunya memiliki ketentuan yang sedikit berbeda antara peraturan futsal internasional dengan peraturan yang ada di level nasional ataupun regional. Terlebih lagi untuk kelas amatir pada kompetisi antar kampung jelas memiliki aturan permainan yang berbeda, namun harus dengan kesepakatan bersama dan tetap sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada. 

Peraturan pertandingan futsal secara lengkap dan mendalam telah dibahas pada artikel – artikel yang lainnya dengan mendetail beserta keterangan dan juga penjelasannya agar bisa dibaca dan pelajari lebih mudah. Beberapa peraturan dalam futsal tersebut yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut:

Lapangan dan Gawang  

Peraturan untuk ukuran lapangan futsal standar internasional sesuai ketetapan dari FIFA yaitu memiliki panjang 38 – 42 meter sedangkan untuk lebar lapangan pertandingan antara 18 – 25 meter. Berbeda halnya untuk standar nasional ataupun regional memiliki ukuran yang lebih kecil. Tebal garis lapangan futsal yaitu 8 cm untuk semua ukuran garis yang terdapat di dalamnya. 

Sedangkan fungsi garis tengah, samping, daerah penalti dan garis lainnya yang ada pada lapangan permainan memiliki kegunaan masing – masing. Bentuk dan ukuran gawang futsal juga telah ditentukan dalam peraturan seperti panjang, lebar mistar gawang dan tinggi tiang atau palang gawang. Penjelasan selengkapnya silahkan baca Ukuran Lapangan dan Gawang Futsal Standar Internasional.

Bola 

Lingkaran bola futsal memiliki ukuran minimal 62 cm dan maximum 64 cm. Peraturan bola futsal memiliki sedikit perbedaan dengan bola yang ada pada permainan olahraga sepak bola termasuk bahan dasar yang digunakan, diameter lingkaran, berat dan tekanan serta pantulan bola. Lantas bagaimana peraturan mengenai bola yang digunakan dalam pertandingan? Pelajari lebih lanjut pada halaman berikut, Bola Futsal Standar FIFA 

Pemain

Peraturan jumlah pemain futsal yaitu sebanyak 5 orang termasuk penjaga gawang (Keeper) dan ditambah dengan beberapa pemain cadangan. Beberapa perlengkapan untuk pemain futsal dan juga kiper diantaranya adalah kaos / kostum, celana, sepatu, kaos kaki, dekker  atau shinguards. Baca lebih lengkap ulasannya tentang perlengkapan bermain dalam Peraturan Pemain Futsal yang wajib dipakai pada pertandingan. 

Wasit 

Dalam permainan futsal terdiri atas beberapa macam wasit yaitu seseorang yang ditunjuk sebagai wasit utama untuk memimpin jalannya pertandingan ditemani oleh wasit kedua serta dibantu pencatat waktu dan wasit ketiga. Masing – masing memiliki fungsi dan tanggung jawab sendiri – sendiri yang harus dilaksanakan dengan baik sehingga pengetahuan tentang peraturan wasit futsal terbaru menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.  Adapun tugas dan wewenang wasit dalam pertandingan telah dibahas lebih detail pada halaman berikut, Peraturan Wasit Futsal 

Waktu 

Permainan futsal dilakukan dengan durasi selama 20 menit pada pertandingan resmi internasional sesuai ketentuan dari FIFA. Sedangkan lama waktu istirahat tidak boleh lebih dari 15 menit dan masing – masing tim juga diberi kesempatan untuk meminta waktu time out selama 1 menit. Tendangan kick off dilakukan untuk memulai suatu pertandingan dan permainan diakhiri dengan bunyi peluit wasit ketika pencatat waktu memberikan petunjuk. Penjelasan selengkapnya pada Peraturan Waktu Dalam Futsal

Penentuan Gol, Skor, dan Pemenang

Gol dianggap sah dan tidaknya pada permainan futsal yaitu dengan melihat posisi bola. Apakah seluruh bagian bola sudah melewati garis diantara mistar dan tiang gawang atau belum. Cara untuk menentukan pemenang pertandingan dalam futsal dilakukan dengan diberikan perpanjangan waktu tambahan untuk kedua tim atau dilakukannya tendangan adu penalti. Pada pertandingan untuk partai home away bisa dilakukan dengan menghitung jumlah selisih gol dari nilai yang dihasilkan pada gol tandang. Untuk mempelajarinya lebih dalam silahkan baca Cara Menentukan Skor Gol dan Pemenang Futsal

Tendangan Sudut, Pembersihan Gawang dan Tendangan Kedalam

Permainan futsal sebenarnya memiliki banyak kemiripan dengan sepak bola tetapi sedikit berbeda pada pelaksanaannya. Peraturan tendangan sudut dalam futsal dilakukan dari salah satu pojok lapangan yang terdekat dengan posisi bola ketika meninggalkan lapangan. Pembersihan gawang pada futsal  dilakukan dengan cara bola dilempar oleh penjaga gawang kepada teman satu timnya. Untuk peraturan tendangan ke dalam futsal dilakukan dari garis samping atau pembatas lapangan dimana posisi bola berada dalam keadaan diam tak bergerak dan bola ditendang dalam waktu 4 detik. Beberapa kesalahan pemain saat melakukan tendangan tersebut bisa dipelajari pada Peraturan Tendangan Sudut Kedalam Futsal dan Pembersihan Gawang 

Sangsi Disiplin dan Pelanggaran 

Beberapa jenis pelanggaran dalam permainan futsal dapat menyebabkan seorang pemain terkena sebuah peringatan dari wasit berupa sanksi disiplin karena dianggap telah melakukan kesalahan atas kalakuan tidak sopan yang bisa berakibat dikeluarkannya dia dari lapangan pertandingan. Fungsi diberikannya kartu kuning dan kartu merah dalam futsal juga memiliki kegunaannya untuk memberitahukan bahwa pemain yang bersangkutan telah diberikan sebuah peringatan keras oleh wasit maupun mendapat hukuman pengusiran keluar lapangan permainan. Apa saja bentuk pelanggaran (Foul) tersebut? Pembahasan lebih lanjut ada pada artikel berikut ini, Jenis Pelanggaran dan Sangsi Hukuman dalam Futsal

Akumulasi Pelanggaran 

Dalam pertandingan futsal terdapat sebuah peraturan tentang pelanggaran yang dihitung oleh wasit sebagai pelanggaran akumulasi. Sebuah tim yang telah melakukan 5 pelanggaran oleh pemainnya pada tiap babak akan tercatat dan mendapat hukuman tendangan bebas langsung dengan posisi tendangan dari tempat yang ditentukan wasit. Jika pelanggaran dilakukan lebih dari lima kali maka berlaku ketentuan sebagai mana yang diatur dalam Peraturan Akumulasi Pelanggaran Futsal

Tendangan Bebas dan Penalti

Pada permainan futsal terdapat dua jenis tendangan bebas dalam pertandingan yang mungkin sering kita jumpai juga pada permainan olahraga sepak bola yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Dalam permainan futsal memiliki aturan tersendiri tentang posisi bola, jarak dan prosedur cara melakukan tendangan bebas yang harus dilakukan dengan betul oleh pemain di dalam lapangan pertandingan. Posisi tendangan bebas langsung maupun tidak langsung harus dilakukan dari titik yang telah ditentukan oleh wasit dan jarak pemain dengan bola harus mentaati peraturan yang berlaku.   

Peraturan tendangan pinalti pada futsal dilakukan pada jarak 6 meter dari garis gawang sedangkan jarak titik penalti kedua dari gawang yaitu berjarak 10 meter. Seorang penjaga gawang juga harus mengetahui tentang peraturan kiper futsal saat terjadi tendangan pinalti. Ada banyak penyebab seorang pemain mendapat hukuman tendangan bebas maupun penalti dalam futsal yaitu karena adanya sebuah kesalahan yang dilakukan pemain dan dianggap oleh wasit layak untuk mendapatkan sangsi pelanggaran. Baca selengkapnya pada Peraturan Tendangan Bebas dan Pinalti Futsal

Perubahan Peraturan 

Permainan futsal sejak pertama kali ditemukan jenis olahraga ini tentunya telah banyak mengalami beberapa perubahan baik dari sistem permainan futsal maupun elemen pendukungnya sejalan dengan berubahnya perkembangan zaman. Jenis permainan olahraga ini memiliki sejarah yang memang patut untuk diketahui oleh para pecinta futsal dan setiap orang yang mempunyai hobi berolahraga supaya kita tahu tentang bagaimana perkembangan dan asal mula sejarah futsal di dunia hingga sampai ke Indonesia saat ini. 

Dalam pertandingan futsal bisa juga dilakukan perubahan peraturan untuk beberapa kasus tertentu dengan melihat dan mempertimbangkan berbagai faktor serta terjadi kesepakatan antar anggota / peserta. Dengan berlandaskan sebuah kesepakatan dan menghormati setiap asosiasi yang terkait serta berjalan sesuai dengan prinsip yang ada, peraturan - peraturan pada futsal ini bisa dirubah atau dimodifikasi dalam penerapannya untuk disesuaikan pada pertandingan bagi para pemain futsal wanita, para pemula yang berusia di bawah 16 tahun, pemain veteran dengan usia melebihi 35 tahun dan bagi para pemain yang memiliki kekurangan -  kekurangan tertentu. 

Beberapa hal yang diperbolehkan untuk dilakukannya perubahan adalah
  • Ukuran lapangan permainan
  • Lebar dan tinggi mistar gawang
  • Ukuran bola, berat, dan bahan dasarnya
  • Durasi atau lama waktu permainan pada tiap babak
  • Pergantian terhadap pemain cadangan 
Dan berkenaan dengan jenis kelamin, semua tentang peraturan wasit futsal, para pemain, serta petugas yang lainnya diberlakukan sama, baik itu pria ataupun wanita. 

Contoh Peraturan Pertandingan 

Dalam sebuah kompetisi atau cup futsal banyak ditemui tata tertib pertandingan yang wajib ditaati oleh para peserta. Peraturan turnamen futsal tersebut juga berlaku pada pertandingan liga futsal dimana setiap ketentuannya menggunakan peraturan resmi dari PSSI maupun FIFA. Untuk segala persyaratan pertandingan dan tata tertib peraturan permainan telah ditentukan oleh panitia penyelenggara dan disosialisasikan pada acara technical meeting sebelum pertandingan kompetisi dimulai.  

Peraturan resmi FIFA tidak selamanya bisa diterapkan dalam semua penyelenggaraan turnamen terutama pada penyelenggaraan di tingkat bawah seperti peraturan lomba futsal untuk kompetisi antar kampung, RT atau desa maupun antar pelajar sekolah dari SD, SMP sampai SMA/SMK bahkan antar kampus yang mana disebabkan karena keterbatasan beberapa faktor. Untuk mengetahui format pertandingan dalam sebuah even turnamen ataupun kompetisi futsal yang akan diselenggarakan bisa dilihat dan download pada Contoh Peraturan Pertandingan Turnamen Futsal

Demikian penjelasan lengkap mengenai peraturan dalam permainan futsal yang bisa dibagikan kali ini, silahkan baca artikel yang lainnya juga, semoga bermanfaat. 

Silahkan Share

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan berkomentar dengan bijak :)